Ayo, jadi follower blog ini dan dapatkan posting-posting aneh! Tukeran link juga boleh!

Naskah di Pasir Mesir

Posted by Bani Syahroni on 1:40 PM

Sekarang gue punya Twitter, jack! Hha, hari gini baru punya Twitter? Nggak apa-apa, yang pasti bakal up-to-date terus deh. Maaf banget ya kalau akhir-akhir ini gue jarang update blog. Gue sibuk berbagai kegiatan, terutama ulangan umum. Walaupun beribu remedial gue lalui, pokoknya karena sekarang udah selesai, gue mau bebas. Liburan enaknya kemana ya, ada yang punya ide?
Sebagai acara tahunan buat kelas X dan XI, OSIS Smansa Bogor ngadain acara PASIR. PASIR adalah sebuah acara pentas seni, buat kelas XI ada musikalisasi puisi dan buat kelas X adalah drama. Dan berhubung gue masih kelas X, jadi kelas gue harus ngadain drama yang istimewa. Karena jarang-jarang gue cerita tentang kelas gue, jadi sekarang gue sekalian mau pamer makhluk-makhluk sepuluh lima atau singkatannya COSMIC (Kelas Sepuluh Lima is so Asik, ga nyambung banget ya?). Oke, dimulai dari persiapan.
Pertama-tama ada penentuan ketua PASIR. Setelah melalui musyawarah dan ini itu, akhirnya dipilhlah mantan-calon-anak-olimpiade-ekonomi-nasional, Runnis. Si Runnis ini, sebagai ketua, tentunya harus bisa pusing ngurusin semuanya. Mulailah dia memilih seksi-seksi yang berhubungan dengan acara ini, mulai dari logistik, pembuat proposal dan lain-lain. Dan gue terpilih sebagai seksi yang ngurusin dubbing, latar suara dan sebagainya. Walau pada akhirnya gue nggak kerja apa-apa.
Si Aci sama Ina, sebagai pembuat naskah dan sutradara, mulai berpikir ide apa yang bagus buat dramanya. Dibantu tim kreatif, Nakrud sama Funne, akhirnya mereka mencetuskan tema bollywood (itu loh, orang-orang setengah bugil nari-nari, lari-lari sambil nyanyi-nyanyi). Dan kita sampe nonton film Kabhi Khushi Kabhie Gham di kelas buat referensi dramanya. Sayangnya kelas X-7 (kelasnya si Fadel sama si Hapis tuh) ternyata bertemakan sama, jadi (daripada disangka plagiat) kita merombak lagi temanya, sambil tanya-tanya tema kelas laen tentunya.
Tema selanjutnya akhirnya terpilih, budaya Mesir jaman dulu (mumi, fir'aun dan temen-temennya). Lalu naskah dibuat, ceritanya tentang tiga orang petualang yang terbawa ke masa lalu di mesir. Dan di sana mereka harus menyelamatkan sesuatu (yang gue lupa) dan bertarung dengan mumi Tutankhamen. Dan sebagai tambahan peran gue di sana adalah sebagai PETA! Buat yang suka nonton Dora si Tukang Pijit pasti tau. Dan dialog gue sebagian besar adalah "Aku peta" 1000x sesuai dengan lagunya. Kita udah seneng sama dialognya, dan udah dubbing dan latian pake dialog ini. Kita juga bikin latar (yang susah banget buatnya) sama-sama. Pokoknya udah fix.
Tapi keselnya, OSIS Smansa Bogor baru ngasih peraturan PASIR-nya sesudah kita persiapan dan sekitar dua minggu sebelum hari H. Di situ ditulis kalo dramanya harus drama musikal. Apa neraka!? Drama kelas gue agaknya nggak bisa dibilang drama musikal. Kelas gue mulai stres. Waktu dua minggu tadi sebagian besar tersita buat seminggu full ulangan umum dan kesananya remedial. Kelas gue merombak semua ceritanya. Kesel banget kita. Apa mentang-mentang kelas gue nggak ada OSIS jadi kekurangan informasi kayak gini?! Sial, nggak adil banget. Kalo mau bikin perlombaan ya bikin peraturan dari awal dong.
Si Aci dan kawan-kawan mulai bikin naskah baru lagi, dan sekarang dibantu presiden kelas, Koip. Sayangnya naskah yang ini lebih terpaku sama latar-latar yang udah dengan susah payah kita buat. Kita nggak mau bikin naskah baru dan membuang tenaga bikin latar baru lagi. Lagi, dengan waktu yang semakin sempit, kelas gue latihan dengan naskah ini. Tapi ternyata ada masalah dengan naskah ini.
Ada beberapa orang yang kurang sreg sama naskah yang ini soalnya kurang meaning dan alurnya aneh. Ceritanya emang lebih absurd sih menurut gue, ada seorang wanita dan ibunya, Manohareu dan Ibu Daisy yang dinikahi dan disiksa oleh raja Mesir. Lalu kabur ke Indonesia dan jadi terkenal gara-gara acara Bukan Empat Mata. Dan peran yang gue dapet di sini adalah, jadi TUKUL. Mukegile. Sayangnya, gara-gara masalah tadi, ada kegoncangan di kelas gue.
Ada beberapa orang yang usul mending pake naskah yang lama, soalnya lebih nyambung. Tapi di sisi lain naskah itu nggak musikal. Dan ada juga yang milih naskah yang kedua, tapi alurnya aneh banget. Kita bingung banget, down. Udah acara sebentar lagi, tapi naskah aja masih dibingungin. Kita sama-sama bingung dan kasian juga sama si Aci sebagai pembuat naskah.
Awalnya kita berunding naskah mana yang bakal kita pilih, pertama atau kedua. Dengan berbagai rasa risau kita memutuskan untuk membuat naskah baru, dengan waktu yang sangat sedikit. Gue sempet bingung, bisa nggak ya kelas gue nyelesaiin PASIR?
Setelah ulangan selesai, kelas gue mulai siap mati buat yang namanya PASIR. Setelah remedial, langsung ada latihan (walaupun gue banyak nggak ikut gara-gara ada suatu urusan). Dengan sigap, dubbing dan permusikkan selesai sama si Ririn (gue nggak bantu apa-apa), latar ternyata bisa kepake, dan peran-peran ditentuin.
Ceritanya tentang cinta segitiga antara Raja Mesir, seorang putri bangsawan dan jendral penjaganya. Alurnya gampang di cerna dan menarik, banyak lagu dan nari-narinya. Di sini, gue jadi peran figuran aneh seperti biasa, MUMI. Lama-lama gue terbiasa nih sama peran-peran aneh, hhe. Sehari sebelum hari pentas, kelas gue semuanya gladi resik di rumah Vita. Gue dateng pagi-pagi dan udah ada beberapa orang. Begitu udah lumayan banyak yang dateng, kita semua mulai latihan. Siangnya, kita makan siang sambil nonton TV. Lanjut lagi latihan sampe sore. Lanjut latihan lagi. Pokonya waktu latihan-latihan tuh banyak banget gerakan-gerakan keren buat dipentasin nanti. Mulai dari berantem sampe Mumi yang nge-dance. Kocak-kocak semua.
Buat properti dan kostum, kita nggak kalah keren. Berhubung temanya Mesir, kostumnya tentu harus sesuai. Kita ngejait sendiri (makasih buat seksi kostum). Tapi sayang buat mumi cuma gulungan perban. Properti kelas gue banyak, mulai dari latar (harus), peti mati (buat mumi nih), tombak, sendal Mesir dan lain-lain yang keren. Nggak tau kenapa, tapi malemnya, seabis pulang latihan, gue seneng banget dan nggak sabar nunggu besok pas tampil.
Walaupun cuma perban, tapi kostum mumi adalah yang paling susah dipake. Di drama nanti ada dua mumi, gue sama nopal. Ngebalutnya aja butuh waktu lama, jadi gue dateng pagi-pagi. Dan setelah diundi, ternyata kelas gue tampil ke dua, untung aja. Waktu itu soalnya masih pada belom ganti.
Sebelum tampil, kita berdoa dulu. Inget-inget apa aja yang udah kita perjuangkan buat acara ini. Mulai dari suka-duka, berantem, seneng-seneng. Cuma buat satu hari itu. Alhamdulillah, kita semua bisa nyelesaiin drama dengan baik. Dan kelas gue dapet predikat IDE CERITA TERBAIK. Bukannya sombong, tapi ngeliat perjuangan yang udah kelas gue laluin, kelas gue SANGAT PANTAS dapet penghargaan ini.
Setelah acara selesai, kita semua foto-foto dulu. Kocaknya, acara foto-foto ini kayak cosplay, pake kostum, hhe. Apa lagi gue jadi mumi.



Setelah acara selesai, gue ngerasa aneh. Gue ngerasa ada yang hilang. Acara PASIR ini emang bisa dibilang perpisahan buat anak kelas X. Dan, daripada acara PASIR-nya sendiri, gue lebih seneng waktu latihannya. Apalagi latihan terakhir yang sampe malem. Pokonya X-5 bakal selalu gue kenang. Dan postingan ini telah mengabadikannya buat gue.

4 comments:

Comment by Stop Dreaming Start Action on June 25, 2009 at 4:07 AM

seru tuh pasti, banyak kenangan...

 
Comment by Lisz on June 25, 2009 at 3:21 PM

seru bgt ya bisa kompak semua gitu... huu.. jadi pengen hahaha ;)

 
Comment by BlogKu.info on June 25, 2009 at 4:16 PM

Sobb,, kamu dapet award lhoo.......

Silakan dicek di blogku.info yaa.....

 
Comment by Dila.Dila on July 5, 2009 at 8:30 PM

COSMIC tuh singkatan dari community of sepuluh lima is so asic
lu jangan suka bikin singkatan sendiri atuuuh
hehehe

 

Post a Comment